Seberapa Pentingkah Online Banking? – Internet saat ini telah meresap hampir semua aspek kehidupan modern. Jika kita memiliki akses ke komputer dengan koneksi internet, jumlah barang yang hampir tak terbatas, jasa dan pilihan hiburan berada di ujung jari. Tak terkecuali dengan online banking yang kian hari kian penting bagi pemilik rekening bank di seluruh dunia.
Kita dapat melakukan apa saja secara online, termasuk transaksi keuangan perbankan. Tapi apakah hal ini bijaksana? Seberapa nyamankah saat menjalankan bisnis perbankan di dunia maya?
Online banking menjadi sangat penting modern ini. Dengan online banking kita dapat membayar tagihan secara online dan begitupun mengakses catatan transaksi rekening secara online.
Online banking adalah fitur yang luar biasa, umumnya aman serta memiliki akses penuh selama 24 jam. Saat ini sebagian besar bank menawarkan online banking. Kita dapat mengakses informasi di mana saja asal memiliki akses ke Internet. Tentu saja membuat kehidupan keuangan lebih mudah untuk dikelola.
Terdapat dua fasilitas dari online banking yang umumnya banyak digunakan, yaitu Internet Banking dan Mobile Banking.
Pada dasarnya Internet Banking adalah Online Banking, yang memiliki penjelasan bahwa:
Internet banking adalah salah satu layanan perbankan yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi seperti mobile banking (transaksi menggunakan handpone, spt atm), sms banking dan telepon banking.
Lalu apa bedanya dari Internet Banking (E-Banking) dengan Mobile Banking?Hal yang membedakan adalah hanya dari cara penggunaannya.
Internet Banking melalui browser dan masuk ke link website nya seperti klikbca.com dan memerlukan “Token (alat kecil semacam kalkulator untuk mengamankan transaksi internet banking)”.
Sedangkan mobile banking dalam penggunaannya memerlukan aplikasi yang dapat di download melalui playstore ataupun iOS seperti m-BCA atau BCA Mobile. Namun kesemuanya memerlukan koneksi internet lancar untuk melakukan transaksi.
Lebih jelasnya berikut merupakan ulasan singkat keuntungan dari online banking.
1. Mudah Bayar Tagihan/Belanja Online
Membayar tagihan listrik, telpon, hingga untuk pembayaran ecommerce bisa kita lakukan via online banking, baik itu dengan menggunakan internet banking ataupun mobile banking.
Hal ini tentu saja menghemat biaya dan waktu, karena tidak memerlukan waktu banyak untuk datang ke counter pembayaran ataupun bank. Kebanyakan bank saat ini sudah menawarkan fasilitas pembayaran tagihan dan belanja online melalui ecommerce, salah satu diantaranya yang paling mudah digunakan adalah BCA, Mandiri, BNI, CIMB, HSBC.
2. Melihat Transaksi secara Online
Online banking memungkinkan penggunanya untuk mengakses sejarah dan transaksi rekening dari mana saja. Ini adalah cara tercepat untuk memeriksa dan melihat apakah transaksi telah berhasil.
Hal tersebut dapat membantu kita untuk mengetahui jumlah transaksi yang diterima. Selain itu juga memungkinkan kita untuk mencari tahu tentang transaksi yang tidak sah lebih cepat. Apalagi bagi yang berbisnis online tentu saja internet banking maupun mobile banking dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah lebih cepat.
Jika melihat sesuatu yang tidak sesuai, seketika kita dapat menghubungi call center bank terkait untuk mengetahui permasalahan dan menyelesaikannya.
3. Transfer Uang antar Akun Mudah
Online banking juga memungkinkan kita untuk mentransfer uang antar rekening lebih cepat. Hal ini lebih mudah daripada menggunakan layanan telepon otomatis, dan dapat menghemat perjalanan ke bank dan tidak perlu mengantri.
Ketika kita menerapkan atau mengatur perbankan online, pastikan bahwa semua akun yang dimiliki di bank terdaftar. Ini akan membuat lebih mudah untuk mentransfer uang dan melakukan pembayaran pinjaman secara online.
Kita juga memiliki pilihan untuk mentransfer uang antar bank yang berbeda secara online. Meskipun kadang tidak terjadi secepat antar akun, karena uang masih perlu dikonfirmasi antara lembaga-lembaga keuangan, tetapi jauh lebih mudah daripada pergi ke bank.
Tergantung pula pada jenis rekening, setiap bank membatasi jumlah transfer online. Kita perlu memastikan bahwa transfer tidak melebihi jumlah yang diperbolehkan.
Salah satu pengalaman menarik, transfer lebih mudah menggunakan Bank Mandiri untuk antar Bank, baik menggunakan mobile banking ataupun internet banking. Sistem transfernya lebih cepat karena tidak perlu mengisi form perihal seluk beluk akun bank tersebut seperti tidak perlu memasukan cabang mana bank tersebut didaftarkan.
4. Mobile Banking Memudahkan Transaksi
Sebagian besar bank memiliki aplikasi mobile yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil keuntungan dari perbankan online melalui ponsel cerdas. Hal ini membuat online banking bahkan lebih nyaman dan memungkinkan untuk dengan cepat memeriksa akun ketika bepergian.
Namun, Kita perlu memastikan mengakses informasi ini pada jaringan aman dan menghindari menggunakan wifi publik saat menyelesaikan transaksi. Mobile banking membuat perbankan online lebih mudah.
Terlebih saat ini, belanja online menjadi tren yang pesat berkembang dan salah satu fasilitas nya yang dapat mengcover belanja cepat adalah dengan transfer via mobile banking tanpa harus mengunjungi ATM.
5. Sinkronisasi dengan aplikasi keuangan
Banyak aplikasi keuangan yang secara otomatis akan sinkron dengan informasi perbankan online. Hal ini membuat anggaran keuangan jauh lebih mudah.
Banyak aplikasi bekerja baik pada komputer di rumah dan perangkat mobile, sehingga dapat tetap up-to-date saat sedang bepergian. Selain itu akan juga lebih mudah untuk melacak pengeluaran saat menggunakan salah satu aplikasi keuangan yang terdapat saat ini.
Banyak orang tidak lagi menerima laporan keuangan berupa kertas, tetapi masih penting untuk menyeimbangkan akun bank setiap bulan untuk mencegah dari overdrawing akun.
Dibalik keuntungan luar biasa dari online banking yang umumnya aman, namun tidak selalu aman jika kita gegabah menggunakannya saat melakukan transkasi online baik melalui internet banking ataupun mobile banking terutama pada browser atau komputer yang terjangkit virus dan malware yang dapat merekam aktivitas transaksi termasuk username dan password akun.
Untuk itu pastikan selalu browser untuk transaksi via i-banking yang digunakan aman dari virus, serta jika menggunakan m-banking ponsel tidak terjangkit virus.
Kadang pula, pergi ke bank untuk mencetak sejarah transaksi lebih dari 3 bulan ataupun untuk mengganti akun dan melaporkan masalah lainnya ke customer service masih sangat perlu dilakukan bukan hanya sekedar menyelesaikan masalah namun juga membiasakan untuk bersosialisasi serta melatih kesabaran dalam mengantri, he…
Tertarik untuk memiliki akun online banking? daftarkan segera ke bank melalui Customer Service dengan membawa Buku Tabungan, ATM, serta Identitas diri berupa KTP ataupun SIM. Referensi: www.4muda.com
Info ruanglab lainya:
- Praktis! Cara Buat Kartu Keluarga secara Online
- Kabar Gembira Biaya Transfer 22 Bank Ini Tak Sampai Rp 2.500
- Tiga Angka Nol Hilang di Uang Baru, Ternyata Bukan Redenominasi