Pemrograman Robotika dengan Menggunakan Robomind – RoboMind adalah lingkungan pemrograman sederhana pendidikan dengan bahasa scripting sendiri yang memungkinkan pemula untuk mempelajari dasar-dasar ilmu komputer dengan pemrograman robot simulasi. Selain memperkenalkan teknik pemrograman umum, juga bertujuan untuk menawarkan wawasan dalam robotika dan kecerdasanbuatan.
RoboMind tersedia sebagai aplikasi yang berdiri sendiri untuk Windows, Linux dan Mac OS X. Penggunaannya adalah gratis untuk tujuan pribadi dan pendidikan. Meskipun apa yang menyangkal di situs resmi, ini bukan sebuah perangkat lunak bebas atau open source: lisensi RoboMind memiliki beberapa keterbatasan, terutama mengenai penggunaan komersial dan redistribusi.
Ini pertama kali dirilis pada tahun 2005 dan pada awalnya dikembangkan oleh Arvid Halma, seorang mahasiswa dari University of Amsterdam pada waktu itu. Sejak 2011 RoboMind diterbitkan oleh Kitchen Penelitian.
Software ini cocok untuk yang baru belajar pemrograman, karena dalam software ini, kita bisa mengatur sendiri langkah – per langkah kita untuk mengatur gerakan robot, dalam hal ini melatih kemampuan kita dalam penguasaan algoritma dan logika. Selain itu dalam RoboMind ini terdapat pula beberapa struktur pemrograman seperti halnya bahasa pemrograman pada umumnya, seperti bentuk IF, LOOPING, dan PROCEDURE.
Di dalam Robomind, kita bisa menggerakkan robot untuk bergerak maju, mundur, belok kanan, kiri, mewarnai jalan yang dilalui, mencari sebuah obyek, mengambil sebuah obyek, dan meletakkan obyek melalui perintah – perintah berbentuk function.
Pemrograman RoboMind sangat interaktif karena menggunakan simulasi pemrograman robot dengan kecerdasan buatan sederhana. Beberapa keunggulan dari RoboMind antara lain adalah:
- Menggunakan bahasa pemrograman ROBO yang sederhana.
- Mudah dipahami bahkan oleh programer pemula.
- RoboMind tidak mengganggu sistem komputer.
- RoboMind bersifat freeware.
- Dapat dijalankan di sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OSX.
- Simulasi robot yang interaktif seperti sebuah game.
- Terdapat beberapa contoh program yang dapat dipakai sebagai contoh acuan.
Simulasi pemrograman dengan robot dilakukan pada map area yang dapat dipilih dan bervariasi, sehingga tidak membosankan. Robot dapat diprogram untuk mengecat, line follower, dan memindahkan benda, tergantung kreatifitas pemrograman yang dilakukan.
Menjalankan program RoboMind
- Pastikan komputer kamu sudah aktif
- Klik Start pada Windows
- Pilih All Programs
- Pilih Robo
- Lalu pilih RoboMind
maka akan terlihat lembar kerjanya seperti berikut :
Lembar Kerja RoboMind
Lingkungan pengembangan RoboMind memungkinkan Kamu untuk menulis program yang akan dilakukan oleh robot simulasi. Ini terdiri dari bagian berikut:
Script panel
Di area teks ini kamu dapat menuliskan tugas kamu dalam bentuk skrip yang robot akan tampil.
World panel
Disini kamu melihat keadaan saat ini robot dalam lingkungannya. Karena ini adalah seluruh lingkungan di mana robot hidup, kita hanya akan menyebutnya dunia.
Run panel
Setelah memutuskan scriptnya, di sini kamu dapat membiarkan robot memulai (atau berhenti). Ini juga mungkin untuk menyesuaikan kecepatan di mana robot beroperasi.
Message panel
Dalam kasus script yang aneh, Kamu akan menerima kesalahan kompilasi di sini. Ini juga merupakan tempat di mana robot dapat memberitahukan peristiwa-peristiwa tertentu.
Menu File Robomind
- New :Membuka lembar kerja baru
- Open : Membuka program Robomindyang sudah pernah dibuat
- Save : Menyimpan program
- Save as : Menyimpan kembali program dengan nama yang lain
- Translate Script : Menerjemahkan bahasa
- Open Map : Memilih peta yang tersedia pada Robomind
- Setting : Mengatur program Robomind
Menu Edit Robomind
- Undo : Kembali ke aksi sebelumnya
- Redo : Kembali ke aksi yang sudah diundo
- Cut : Memotong
- Copy : Menggandakan
- Paste : Menyalin
- Select all : Memilih semua
- Insert : Memasukkan perintah – perintah
- Find : Mencari
- Find next : Mencari selanjutnya
- Replace : Mengganti
Berikut ini beberapa perintah dasar untuk mengatur gerakan si robot.
- forward(n) : Memindahkan n langkah maju
- backward(n): Memindahkan n langkah mundur
- left() : Membelokkan ke kiri 90 derajad
- right() : Membelokkan ke kanan 90 derajad
- north(n) : Membelokkan ke utara, lalu bergerak maju nlangkah
- south(n) : Membelokkan ke selatan, lalu bergerak maju nlangkah
- west(n) : Membelokkan ke barat, lalu bergerak maju nlangkah
- east(n) : Membelokkan ke timur, lalu bergerak maju nlangkah
Robot juga bisa disuruh mewarnai path yang dilalui, dengan perintah berikut ini:
- paintWhite() : Mewarnai dengan warna putih pada path
- paintBlack() : Mewarnai dengan warna hitam pada path
- stopPainting() : Menyuruh robot berhenti mewarnai
Selain mewarnai path yang dilalui, si robot juga bisa disuruh mengambil obyek dan meletakkannya kembali. Berikut ini beberapa perintah untuk melakukan hal tersebut:
- pickUp() : Mengambil obyek yang ada di depannya
- putDown() : Meletakkan obyek di depannya
Menu View Robomind
- Zoom in : untuk mengecilkan layar peta
- Zoom out : untuk membesarkan layar peta
- Show grid : untuk menampilkan garis – garis
- Show radar : untuk menampilkan arahan letak robot dan peta
- Track robot : untuk menampilkan track robot
- Create screen dump
Menu Run Robomind
- Execute : untuk menjalankan program
- Step : untuk mengakhirkan program
- Pause : untuk menghentikan sementara
- Stop : untuk memberhentikan program
Remote control :
- Panah ke atas : untuk mengarahkan robot ke depan / maju
- Panah ke bawah : untuk mengarahkan robot ke belakang / mundur
- Panah ke kanan : untuk mengarahkan robot ke kanan
- Panah ke kiri : untuk mengarahkan robot ke kiri
- Reset : untuk mengembalikkan ke tempat semula
Menu Help RoboMind
- Help Topic : Petunjuk tentang topik yang ada di RoboMind
- RoboMind Online: Menuju website http://www.robomind.net/
- About roboMind : Informasi tentang RoboMind (versi, pembuat, tahun pembuatan, website RoboMind)
Disini kita akan membuat program agar robot mengikuti jalan labirin, sambil mengecat jalanannya berwana putih dan terakhir menemukan beacon.
Dengan ketentuan:
– Menggunakan peta maze1.map
– Warnai cat mengikuti jalan labirin dibwah ini yang benar, seperti yang ditunjukkan digambar dibawah ini
– Pindahkan Beaconnya seperti gambar dibawah ini
Skripnya seperti berikut :
paintWhite()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
left()
forward(1)
forward(1)
right()
forward(1)
pickUp()
forward(1)
left()
left()
putDown()
Maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini:
Selamat mencoba ya. (sariyunita.wordpress.com)
Info ruanglab lainnya:
- Heboh TvOne Perkenalkan Tiga Presenter AI Yang Cantik
- Mengenal Pseudocode, Kode Semu yang Mudahkan Pemrograman
- Sejarah Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)
- Membuat Animasi dengan Menggunakan Scratch
- Hebat! Tangan Robot Ini Dapat Mencekram Seperti Tokek
- Belajar Cara Menggunakan Robomind
Terimakasih pak, materinya mudah untuk dipahami 👍
TERIMA KASIH PAK MATERI INI SANGGAT MEMBANTU DAN MUDAH DI PAHAMI🙏
terima kasih pak, materi mudah dipahami
Makasih pak informasi nya sangat membantu dan mudah dipahami
Terimakasih pak materinya mudah dipahami dan sangat berguna🙏
terima kasih pak atas materinya, dan mudah dipahami🙏
terimakasih banyak pak atas materi nyaa
Terima Kasih Pak,Karna Artikel Ini Saya Jadi tahu
Pemrograman Robotika dengan Menggunakan Robomind
Terimakasih banyak pak atas materi yang bapak berikan
terimakasih materinya mudah dipahami 👍
makasih atas materinya yg mudah di pahami
Terima kasih pak materi nya
terimakasih pak materinya sngt membantu
Assalamualaikum Alhamdulillah makasih pak info nya
Terikasih pak atas materinya sangat mudah untuk dipahami
Terimakasih pak materi nya sangat mudah di pahami
Terimakasih pak atas materinya
Terimakasih pa materinya sangat bermanfaat
Terimaksih atas materi nya pak🙏🏻
Terimakasih pak,materinya mudah dipahami
materinya sangat bermanfaat pak
Terima kasih pak materi nya mudah di pahami 👍🏻
Terimakasih Materinya yg mudah dipahami🙏🙏
Terima Kasih Pak Karena Artikel Ini Saya Tahu Pemrograman Robotika dengan Menggunakan Robomind
Terimakasih pak materinya mudah di pahami
terima kasih pak materinya 🙏🏻
Terimaksih pak materi ini menantu bdan mudah di pahami
Alhamdulillah sangat bermanfaat 👍🏻👍🏻
Terimakasih pak mudah dipahami
Terimakasih pak mudah dipahami👍
Terimakasih materinya pak mudah di mengerti👍🙏
makasih pak, materi ini sangat mudah untuk di pahami
Terima kasih pak atas materinya
Akan saya rangkumm
Dari devanti kelas 8.1
Terimakasih Pak sangat mudah di mengerti
terima kasihあ
terimsss pak
Trimakasi pak sgt membantu