Kolaborasi Dosen FKIP UHAMKA Bersama Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Aziziyyah – Mengusung tema Seminar “Implementasi Tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan untuk menunjang dalam kesiapan perbaikan dan hasil akreditasi sekolah di MTS dan MA Aziziyyah”.
Dalam upaya meningkatkan kualitas Pendidikan di MTS dan MA aziziyyah. Tema ini sangat penting diangkat karena tenaga pendidik merupakan ujung tombak para santri dan santriwati di sekolah. Tenaga pendidik yang akan langsung berinteraksi dan memberikan pengetahuan kepada para siswa.
Dan di dalam Seminar ini mendatangkan 3 pemateri dari dosen FKIP UHAMKA yang luar biasa pengalamannya di dunia Pendidikan yaitu Prof. Dr. Abd Rahman A Ghani, M.Pd yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Muhammadiyah PROF.DR. HAMKA, Dr. Arum Fatayan M.Pd yang selain berpropesi sebagai Dosen juga sebagai konsultan pendidikan dan yang terakhir Dr.Safrul Kodri M.Pd yang selama ini aktif sebagai Asesor nasional baik itu BAN-SM, BAN-PT serta LAM-DIK, Mendapatkan banyak pengetahuan dan ilmu baru dari para pemateri, dan ini sangat penting untuk diketahui oleh tenaga pendidik. Pokok pembahasan dalam seminar ini mengenai akreditasi sekolah.
Pertama kita dijelaskan bagaimana evaluasi sekolah untuk mempersiapkan akreditasi sekolah, dan juga strategi dalam mengoptimalkan mutu Pendidikan sekolah , dan pada materi terakhir ini dijelaskan mengenai akreditasi sekolah sampai kepada hasil tindak lanjut dari akreditasi sekolah.
Semua hal mengenai penting nya akreditasi sampai pada proses dan tindak lanjutnya dijelaskan dengan sangat terperinci oleh para pemateri dari dosen FKIP UHAMKA.
Kurangnya pemahaman para pendidik mengenai kesiapan dalam meningkatkan hasil dari akreditasi, yang melandasi seminar ini diadakan untuk membuka wawasan para pendidik akan pentingnya bagaimana peningkatan sekolah setelah berhasil melalui tahap akreditasi. Para dosen UHAMKA berinisiatif untuk mengadakan seminar ini dengan tiga pembahasan, yaitu :
(1) Pentingnya Evaluasi
(2) Strategi dalam Optimalisasi Mutu Pendidikan di Sekolah
(3) Akreditasi Sekolah/Madrasah
Prof.Dr. H. Abd Rahman A Ghani, M.Pd menyampaikan pada materinya bahwa evaluasi yang dilakukan sekolah atau madrasah adalah hal yang sangat penting dalam menunjang hasil mutu sekolah atau madrasah itu sendiri.
Pada Materi kedua yang disampaikan oleh Dr. Arum Fatayan, M.Pd , yaitu strategi dalam optimalisasi mutu Pendidikan di sekolah. Disini pemateri menjelaskan mengenai bagaimana strategi untuk mengoptimalkan mutu Pendidikan di sekolah. Karena strategi merupakan cara sebuah Lembaga untuk mencapai tujuan.
Kita dijelaskan mulai dari apa saja aspek-aspek pendukungnya, tupoksi dari masing-masing stake holder yang ada di sekolah, bagaimana peran guru dan kepala sekolah, serta manajemen Pendidikan yang bermutu itu seperti apa. Tentunya, dari materi yang sudah disampaikan oleh Dr. Arum Fatayan, M.Pd kita menjadi tahu bagaimana strategi yang harus kita terapkan untuk mencapai tujuan dari visi-misi sekolah tersebut.
Pada materi terakhir ini yang merupakan inti dari pembahasan yaitu mengenai akreditasi Sekolah/Madrasah yang di sampaikan oleh Dr. Safrul Kodri, M.Pd disitu pemateri menjelaskan mengenai inti dari akreditasi itu sendiri, mula dari pengertia, mekanisme, alur, dan proses bagaimana mempersiapkan akreditasi sampai ke tahap tindak lanjut dari hasil akreditasi tersebut.
Di materi terakhir ini kita belajar bagaimana pihak sekoalah bisa mempersiapkan akreditasi sebaik mungkin.
Info ruanglab lainnya:
- KKN-DIK MAHASISWA FKIP UHAMKA
- Unsur Kimia yang Tertulis Dalam Al Quran
- Pelepasan Mahasiswa PLP 2 UHAMKA Di SDN Baru 03 Pagi Tahun 2022
- Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) UHAMKA