16. Manusia saat ini dapat disebut hidup di era digital atau era industri 4.0 karena aktivitas manusia…
a. Bergantung pada mesin
b. Sebagian besar memanfaatkan komputer
c. Memanfaatkan mesin berbasis komputer dan internet
d. Bergantung pada dunia maya
17. Suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan sebuah masalah (problem solving) disebut dengan…
a. Berpendapat
b. Skill
c. Pengetahuan
d. Berpikir
18. Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0 atau society 5.0 dalam kehidupannya karena…
a. Hidup berjauhan dengan orang lain secara sosial
b. Sebagian besar memanfaatkan komputer dan internet dalam dunia maya
c. Sangat bergantung pada dunia cyber dalam menjalankan kehidupan sehari-hari
d. Hidup di dunia fisik sekaligus di dunia cyber dalam kegiatannya secara daring dalam memanfaatkan teknologi komputer dan internet
19. Belajar informatika sangat penting menghadapi situasi dimasa mendatang, hal ini dikarenakan…
a. Peran teknologi yang akan menggantikan peran manusia dalam segala bidang
b. Adanya pekerjaan baru berbasis teknologi yang mungkin ada dimasa mendatang, namun sekarang belum ada
c. Pencipta teknologi yang semakin dibutuhkan dimasa mendatang
d. Semua jawaban benar
20. Kegunaan pelajaran informatika bagi generasi mendatang adalah…
a. Kemudahan dalam menggunakan komputer
b. Menyelesaikan pekerjaan dengan teknologi
c. Mengetahui cara membuat aplikasi teknologi untuk memudahkan aktivitas
d. Jawaban A, B, dan C benar