Cara Mudah Membuat Check Box di Microsoft Word – Tahukah Anda bahwa membuat check box di Microsoft Word sangat mudah? Selain itu, Microsoft Word juga mempunyai fitur otomatis yang memudahkan kita dalam membuat check box.
Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai banyak fungsi untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu fitur yang menjadi keunggulan, Anda bisa membuat check box di Microsoft Word dengan mudah.
Check box
Sebelum menuju ke cara membuat check box, ada baiknya Anda mengetahui apa itu check box beserta fungsinya.
Beberapa orang mungkin sangat terbantu dengan adanya check box. Menggunakan check boxs, Anda bisa dengan mudah menyusun daftar pekerjaan dan menandainya jika sudah selesai. Di Microsoft Word, ini merupakan fitur yang baik untuk mengatur pekerjaan.
Check box pada Word juga bisa Anda gunakan dengan dua cara yaitu:
- Membuat versi cetak sehingga bisa Anda tandai secara manual, dan
- Menggunakan versi digital dan menandainya di dalam Microsoft Word.
Selain itu, ada beberapa alasan mengapa orang menggunakan check box atau checklists.
- Sebagai pengingat item seperti daftar pekerjaan, daftar belanja, dan beberapa hal lain. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah mengingat sesuatu.
- Untuk langkah item penting. Terkadang, note tidak cukup untuk mengingat banyak item penting. Anda bisa menggunakan check box sebagai detail langkah, prosedur, resep, atau instruksi sehingga Anda tidak melewatkan langkah penting saat melakukan sesuatu.
- Memastikan apa yang Anda butuhkan, misalkan Anda membuat daftar rute kunjungan atau prosedur pekerjaan. Hal ini tentu membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan, bahkan bisa Anda urutkan dari paling penting terlebih dahulu.
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat check box di Microsoft Word.
Cara 1, membuat check box versi cetak
Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan.
- Buat daftar item di Microsoft Word terlebih dahulu. Sebagai contoh adalah daftar belanja. Pastikan tidak ada hal yang terlewatkan.
- Jika sudah selesai, block seluruh daftar yang ada. Kemudian, Klik tab menu Home kemudian pilih Bullet. Di sini, Anda bisa memilih kotak kosong sebagai tanda. Jika Anda tidak menemukannya, klik Define New Bullet…
- Klik Bullet… kemudian pilih simbol yang sesuai untuk Anda tandai nantinya. Anda bisa mencarinya pada tipe Font: Wingdings / Webdings.
- Klik OK dan daftar check box Anda sudah jadi.
- Setelah itu, Anda bisa mencetaknya kemudian membawanya untuk berbelanja. Jangan lupa alat tulis untuk memberi tanda item yang sudah Anda selesaikan.
Cara 2, membuat check box versi digital di Word
Untuk cara 2, masih banyak orang yang tidak tahu. Ada langkah penting yang harus Anda perhatikan, yaitu memunculkan tab menu Developer. Tab menu ini biasanya tidak muncul pada pengaturan default, sehingga Anda perlu memunculkannya terlebih dahulu.
Adapun cara memunculkannya, klik tab menu File > Option > Customize Ribbon. Setelah itu, tandai menu Developer di kolom Min Tabs.
Ketika tab menu sudah muncul, Anda bisa mulai membuat check box digital di Microsoft Word.
- Buka lembar kerja Microsoft Word, kemudian tulis daftar yang ingin Anda buat.
- Jika sudah, taruh pointer di bagian paling kiri. Setelah itu, klik menu Developer kemudian klik Check Box Content Control.
- Secara otomatis, akan muncul check box di sebelah kiri item. Lakukan langkah tersebut pada item-item lainnya, atau Anda bisa menyalin (copy paste) check box secara langsung.
- Untuk memberikan tanda (checklist) Anda cukup klik box. Secara otomatis akan muncul tanda silang. Anda bisa klik lagi untuk menghilangkan tanda checklist.
- Untuk mengunci daftar tersebut, Anda bisa klik menu Developer kemudian pilih Protect Form. Dengan begitu, format akan dikunci dan tidak bisa berubah.
- Setelah itu, Anda bisa mencetaknya atau menandainya menggunakan PC atau smartphone yang terinstal aplikasi Microsoft Office.
hidupdigital.id
Info ruanglab lainnya:
- Mengganti Huruf Menjadi Simbol di Word
- Lupa Password Laptop! ini 15 Langkah untuk Memulihkannya
- Apa Sih Copywriting?