Backup Gmail Anda (dan Layanan Google Lainnya) dengan Google Takeout

Backup Gmail Anda (dan Layanan Google Lainnya) dengan Google Takeout – Mem-backup e-mail merupakan hal yang cukup krusial. Selain membantu merapikan kotak masuk pada Gmailbackup juga bisa menjadi cadangan jika sewaktu-waktu e-mail penting milikmu hilang. Atau ketika penyimpanan mail box terlalu penuh dan perlu dikosongkan.

Untuk mem-backup Gmail (atau akun Google apapun), Google menyediakan sebuah fitur yang disebut Google Takeout. Kamu juga bisa mengatur untuk melakukan backup otomatis tiap dua bulan sekali, sehingga seluruh datamu bisa tersimpan dan terstruktur dengan baik.

Satu hal yang perlu diingat, beberapa akun perusahaan tidak bisa menggunakan fitur Takeout. Jika hal ini terjadi, ada aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk mem-backup Gmail, namun akan lebih bijak jika dikonsultasikan dahulu dengan perusahaan sebelum menggunakannya.

Untuk akun pribadi, fitur Takeout tersedia gratis untukmu, berikut cara menggunakannya.

Baca Juga : Trik Mengubah Display Name pada Gmail

1. Buka laman myaccount.google.com

2. Pada bagian Privacy & personalization, klik pada ‘Manage your data & personalization’

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

3. Geser ke bawah sampai menemukan ‘Download, delete or make plan for your data’ Klik ‘Download your data’

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

4. Pengguna akan diarahkan langsung ke laman Google Takeout. Centang Gmail (atau aplikasi lain untuk di-backup). Beberapa layanan memiliki label ‘Multiple Formats’. Klik pada label button untuk memilih format simpan data, lalu klik ‘Next step’.

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

5. Untuk memilih proses unduh data, klik pada panah dibagian ‘Delivery method’. Pengguna bisa memilih untuk mengirimkan tautan unduhnya melalui e-mail, atau disimpan pada Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

6. Pilih apakah ingin melakukan backup manual (sekali waktu saja) atau ingin mengatur untuk melakukan backup otomatis. Lalu klik ‘Create export’.

7. Proses backup akan berjalan otomatis. Semakin banyak data yang di-backup, semakin lama prosesnya, bahkan mungkin sampai berhari-hari.

Foto: Tangkapan Layar/Teknologi.id

Setelah proses backup selesai, pengguna akan menerima e-mail notifikasi dari Google. (teknologi.id)

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *