Alasan Mengapa Truk Punya Ban Dobel di Belakang? – Truk menjadi salah satu kendaraan komersil yang punya peran penting untuk menangkut muatan berat melalui jalur darat.
Bila dilihat lebih dekat, truk menggunakan ban yang dobel untuk bagian roda belakang.
Ternyata ini yang menjadi alasan truk menggunakan ban dobel.
“Truk itu memiliki ground pressure yang cukup besar karena bobot yang berat, apalagi saat sedang menangkut muatan,” buka Bugie Laksmana, Direktur Utama PT Gaya Makmur Mobil kepada GridOto.com.
Ground pressure merupakan besarnya tekanan dari bobot truk yang diterima oleh luas area kontak (contact patch) permukaan tapak ban yang menempel langsung ke tanah.
Jika ban belakang yang digunakan hanya satu, ground pressure terkumpul hanya pada satu area contact patch tapak ban sehingga ground pressure menjadi besar.
“Ground pressure pada ban yang besar otomatis mengurangi kemampuan daya angkut beban truk, atau dengan beban muatan yang sama ban truk akan kalah,” jelas Bugie.
Untuk itu diperlukan jumlah ban yang banyak pada area belakang truk untuk memperluas area contact patch ban terhadap beban ke permukaan tanah.
Dengan beban muatan yang sama, bila terdapat dua ban maka ground pressure bisa lebih disebarkan.
“Semakin rendah ground pressure ban truk membuat daya angkut beban truk semakin besar,” tekan Bugie. (www.gridoto.com)
Info ruanglab lainnya:
- Apakah Fungsi Rambut Tipis pada Ban Baru?
- Mengenal Blind Spot Pada Kendaraan
- Apa Itu Run-Flat Tyre? Teknologi yang Dapat Membuat Ban Tahan Bocor
- Kenali Istilah Truk ODOL, Over Dimension Over Loading
- Mana Yang Lebih Baik Velg Jari-Jari atau Velg Bintang?
- 5 Perbandingan Velg Jari-jari dan Velg Racing, Pilih Mana?
- Cara Membaca Kode dan Ukuran Ban