Membuat Daftar Pustaka Dengan Aplikasi Mendeley

Membuat Daftar Pustaka Dengan Aplikasi Mendeley – Mendeley adalah software Elsevier yang berfungsi untuk mengelola referensi dan membangun jejaring sosial akademik melalui kegiatan kolaborasi penelitian dan menemukan hasil penelitan-penelitian terbaru.

Dalam penulisan ilmiah baik skripsi, thesis, disertasi, jurnal maupun buku, mencantumkan daftar pustaka adalah WAJIB hukumnya untuk menghindari plagiarism. Daftar pustaka sebisa mungkin lengkap dan seragam sesuai dengan pola yang kita gunakan dan berisi kutipan literatur yang kita gunakan sebagai acuan atau referensi dalam tulisan ilmiah kita terkait dengan penelitian yang telah ada sebelumnya.

Sampai saat ini sebagian dari kita masih menggunakan cara tradisional manual, yaitu dengan menuliskan satu persatu diakhir proses penulisan, akibatnya kadang ada ketidakkonsistenan tipe, ada yang tidak tercantum di daftar pustaka tetapi di tulisan kita acu maupun sebaliknya.

Hal itu juga akan membuat repot jika ada pergantian pola atau tipe daftar pustaka yang harus disusun karena harus merubah satu-persatu, apalagi dalam penulisan artikel jurnal ilmiah setiap jurnal mempunyai gaya aturan sendiri-sendiri.

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi untuk memudahkan kita menuliskan daftar pustaka baik yang berbayar misalnya EndNote maupun yang gratis misalnya Mendeley, Zotero dan lain sebagainya.  Kali ini akan dibahas sedikit tentang Mendeley, yang selain gratis juga menyedian ruang maya secara cuma-cuma sebesar 2GB atau lebih besar lagi jika kita membayar dengan biaya tertentu, jadi kita bisa mengerjakan tulisan dimanapun asal kita punya koneksi internet.

Aplikasi ini tersedia dalam dua basis yaitu Web dan Desktop serta sudah mendukung Windows maupun Macintosh.  Seperti aplikasi lainnya, Mendeley juga mendukung plugin yang bisa berkolaborasi dengan Microsoft Office sehingga akan mempermudah pembuatan daftar referensi ketika selesai menulis tulisan ilmiah, tinggal satu kali klik semua referensi telah tersusun sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga : Ini Perbedaan antara Registry, Registrar dan Registrant

Baca Juga : Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 10

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs www.mendeley.com setelah itu silahkan register dan kemudian Sign Up.

2. Unduh aplikasi Mendeley pada situs tersebut dan instal di laptop atau PC.

3. Lakukan verifikasi pendaftaran/registrasi melalui pesan yang dikirim melalui email yang digunakan untuk registrasi tadi.

4. Mendeley siap bekerja untuk kita.

5. Mulai jalankan aplikasi dengan membuat library dengan cara mengunduh artikel, jurnal dari beberapa sumber seperti sciencedirect, springerlink, ebsco atau sumber yang lainnya.

6. Lakukan validasi metadata, artikel/jurnal yang sudah didapat perlu di validasi untuk memastikan sumber yang didapatkan benar sesuai dengan penulis. Cara validasi adalah dengan melakukan klik Details are correct.

7. Untuk mengoneksikan Mendeley dengan Microsoft Word maka perlu dilakukan instalasi plugin Mendeley dengan cara klik menu Tools pada aplikasi Mendeley, pilih Install MS Word Plugin.

8. Langkah selanjutnya adalah membuat kutipan di tulisan kita pada Microsft Office Word, langkah yang dilakukan adalah dengan cara klik menu References pada Microsoft Office Word, pilih Insert Citation.

9. Pilih jurnal atau artikel yang akan dikutip dengan meng-klik artikel tersebut (cari di library).

10. Setelah semua selesai tinggal membuat daftar pustaka pada akhir penulisan dengan cara klik menu References, pilih Insert Bibliography maka secara otomatis akan terbuat Daftar Pustaka.

11. Jika ingin merubah style Bibliography ke style yang lain misalnya Harvard (misalnya Sunardi et al, 2014) ke Vancouver(yang memakai angka [2]), langkah yang dilakukan dengan cara klik References, pilih Style dan sesuaikan dengan gaya yang dikehendaki. Secara otomatis akan berganti style Daftar Pustaka.  Semua akan tersusun dengan rapi dan lengkap jika dari awal tulisan kita secara teratur menuliskan referensi yang kita kutip.

12. Untuk referensi yang tidak ada diinternet kita bias masukkan secara manual dengan program ini juga sehingga tetap bisa tertulis di daftar pustaka.

13. Selamat mencoba dan berkarya.

Jika koneksi kita bagus dan referensi yang kita sitasi adalah jurnal online, maka secara otomatis referensi yang kita tulis akan terhubungkan langsung dengan jurnal yang kita maksud untuk memudahkan penelusuran oleh pembaca. 

Ini mungkin salah satu cara alternative kita untuk meningkatkan mutu tulisan terutama menghindari terjadinya plagiasi karena pembaca akan dengan mudah mengetahuinya.(kompasiana)

Info ruanglab lainnya:

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *