Penggunaan Media Diorama Oleh Tim PGSD FKIP UHAMKA Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SDN Satu Atap 01 Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Penggunaan Media Diorama Oleh Tim PGSD FKIP UHAMKA Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SDN Satu Atap 01 Pulau Pari, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta – Semangat belajar merupakan salah satu aspek penting bagi siswa. Siswa yang kurang berprestasi tidak semata-mata disebabkan oleh ketidakmampuan mereka, melainkan karena kurangnya semangat belajar siswa sehingga mereka kurang mengupayakan intensitas untuk belajar.

Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu memberikan motivasi kepada siswa agar mereka memiliki kesiapan dan semangat belajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat dengan mudah dicapai.

Salah satu upaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa yaitu dengan menggunakan media pembelajaran menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa.

Demi meningkatkan semangat belajar siswa di SDN Satu Atap 01 Pulau Pari, maka program studi PGSD FKIP UHAMKA, yang diketuai oleh Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP UHAMKA, yang dibantu oleh dosen UHAMKA yaitu Arum Fatayan, serta dibantu pula oleh mahasiswa FKIP UHAMKA yaitu Opi Ingguh Setiani dan Alifah Noer. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 8 Mei 2024, dan diikuti  oleh 24 siswa kelas 5 sebagai partisipan.

Tim pengabdian masyarakat PGSD FKIP UHAMKA memperkenalkan sebuah media pembelajaran Diorama kepada 24 siswa tersebut. Media Diorama yang telah dirancang sedemikian rupa, diimplementasikan di kelas tersebut khususnya pada materi IPAS tentang profesi masyarakat berdasarkan bentang alamnya. Pemanfaatan media Diorama ini juga menggunakan konsep permainan berkelompok.

Siswa yang awalnya tidak terlalu antusias mendengarkan, setelah menggunakan media Diorama, mereka langsung terdorong untuk melakukan misi permainan yang diberikan.

Masing-masing kelompok saling bekerjasama untuk menyelesaikan permainan dengan cepat dan tepat. Sehingga dari kegiatan ini, dapat dilihat bahwa semangat belajar peserta didik meningkat setelah menggunakan media Diorama pada pembelajaran IPAS.

Dari hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan kepada para guru khususnya di sekolah dasar, untuk senantiasa berinovasi dalam proses pembelajaran, agar siswa selalu semangat dalam belajar.

Info ruanglab lainnya:

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *