Begini Cara Mengatasi Status Wi-Fi: No Internet Access

Begini Cara Mengatasi Status Wi-Fi: No Internet Access – Masalah yang sering terjadi pada saat menggunakan Wi-Fi adalah status no internet access. Ini merupakan kondisi di mana perangkat Anda terhubung dengan Wi-Fi namun Anda tidak bisa melakukan transaksi data atau tidak bisa menggunakan internet. Jika hal ini terjadi, pasti akan sangat menyebalkan.

Umumnya, jika hal ini terjadi maka pada halaman browser akan muncul notifikasi error atau mungkin tidak merespon sama sekali. Anda dapat melihatnya melalui ikon Wi-Fi di sudut layar PC atau di pengaturan handphone.

Daftar Isi :

Penyebab no internet access

Perlu Anda ketahui, hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab. Ketika no internet access terjadi pada beberapa perangkat dalam satu jaringan, maka ada kemungkinan terjadi beberapa masalah berikut.

  • Kerusakan atau error pada router
  • Kesalahan APN baru
  • Ada masalah dengan ISP (Internet Service Provider)

Namun, jika no internet access hanya terjadi pada satu perangkat, maka ada beberapa kemungkinan.

  • Kerusakan IP
  • Kesalahan pengaturan DNS
  • Driver wireless adapter yang sudah tidak update
  • Salah pengaturan IP address, atau gateway internet
  • Terdapat block dari aplikasi anti virus.

Jika Anda mengalami no internet access, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara 1. Restart perangkat Anda

Cara ini mungkin terdengar aneh, tetapi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah me-restart perangkat Anda. Ini dapat Anda lakukan jika error hanya terjadi pada perangkat yang Anda gunakan saja, namun tidak terjadi pada perangkat lain.

Dengan restart perangkat, Anda memberi kesempatan sistem operasi (OS) untuk membenahi dan menyegarkan sistem secara menyeluruh. Perangkat secara otomatis akan mencoba menghubungkan ulang jika macet, tidak mengenali jaringan, atau mengidentifikasi adanya jaringan yang tidak kooperatif.

Cara 2. Restart router

Restart mesin router dapat Anda lakukan ketika masalah terjadi pada semua perangkat dalam satu jaringan. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah no internet access. Restart router artinya restart pemancar Wi-Fi. Dengan begitu, pemancar akan disegarkan kembali dan error yang mungkin terjadi bisa kembali normal.

Adapun langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka halaman administrasi Wi-Fi melalui browser dengan memasukkan alamat 192.168.1.1 kemudian Enter.
  2. Kemudian buka bagian pengaturan.
  3. Setelah itu, masuk ke bagian menu perangkat/device.
  4. Cari bagian reboot/restart untuk me-restart router.
  5. Jika dirasa sudah selesai, silahkan sambungkan perangkat Anda ke Wi-Fi tersebut.

Jika Anda tidak bisa masuk ke halaman pengaturan router, mungkin Anda bisa menggunakan alamat alternatif berikut.

Cara 3. Ping Google menggunakan CMD

Ping bertujuan untuk melihat apakah perangkat Anda menangkap akses internet. Cara ini dapat Anda lakukan menggunakan CMD.

  1. Buka Command Prompt (cmd) terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk, ketik komando ping google.com kemudian Enter.
  3. Sampai di sini, lihat hasilnya.

Ada dua kemungkinan pesan yang muncul yaitu reply atau time out.

  • Reply mengindikasikan bahwa koneksi normal.
  • Time out mengindikasikan bahwa koneksi tidak berjalan.

Jika hasil koneksi Anda time out maka Anda bisa me-restart router seperti di atas.

Cara 4. Restart Service

Setiap perangkat yang terhubung dengan Windows, data-datanya akan tersimpan secara otomatis. Salah satu penyebab no internet connection yaitu terjadi kerusakan pada sistem service.

Untuk mengatasinya, Anda bisa refresh layanan perangkat pada Windows. Adapun langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka Administrative Tools, kemudian buka layanan Services.
  1. Cari bagian pengaturan DHCP Client dan DNS Client.
  2. Pada tiap-tiap pengaturan, klik kanan kemudian pilih Restart.
  1. Jika sudah, cek kembali jaringan Anda.

Cara 5. Matikan kemudian aktifkan lagi Adapter

Cara ini cukup efektif dalam memperbaiki jaringan koneksi internet. Untuk mengatasi masalah no internet connection, Anda cukup memutus sambungan kemudian mengaktifkannya kembali.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka pengaturan Network and Sharing Center terlebih dahulu. Bisa melalui Settings, Control Panel, atau Start.
  1. Klik Change Adapter Settings pada jendela bagian kiri.
  1. Pilih jaringan Wi-Fi yang bermasalah, kemudian klik Disable this network device atau klik kanan kemudian pilih Disable.
  1. Setelah jaringan terputus, klik jaringan Wi-Fi. Kemudian aktifkan lagi jaringan dengan klik Enable this network device. Cara lainnya, klik kanan kemudian pilih Enable.
  1. Setelah itu, Anda bisa mencoba melakukan browsing untuk atau cek status, apakah masih muncul pesan no internet connection atau tidak.

Cara 6. Membersihkan Folder Temporary

Folder temporary berisikan file-file sistem (cache) yang muncul ketika Windows sedang beroperasi. Seluruh aktivitas Windows akan memunculkan cache, baik browsing, bermain game, dan sejenisnya, termasuk penggunaan Wi-Fi.

Ketika koneksi Wi-Fi Anda terganggu, ada kemungkinan terdapat file cache yang sudah tidak berguna atau rusak. Solusinya adalah menghapus cache dan mempersilakan Windows membuat file cache baru.

Adapun langkahnya sebagai berikut.

  1. Aktifkan Run (Windows + R), ketik temp, kemudian OK.
  1. Setelah terbuka jendela, tandai semua file di dalamnya dan hapus seluruh file.
  1. Setelah semua terhapus, Anda bisa menyambung ulang Wi-Fi.

Cara 7. Membersihkan dan menggantikan DNS 

Ketika koneksi laptop Anda bisa terhubung normal dengan jaringan lain namun tidak pada jaringan Anda, biasanya hal ini terjadi ketika ada masalah pada DNS. DNS bertugas untuk mengonversi data dari domain ke alamat IP.

No internet connection dapat disebabkan oleh DNS yang mengalami error. Masalah pada DNS hampir sama dengan folder temporary. Oleh karena itu, Anda bisa menghapus cache DNS.

  1. Aktifkan Run (Windows + R) terlebih dahulu.
  2. Setelah itu masukkan komando ipconfig /flushdns, kemudian OK.
  1. Setelah itu cek status jaringan Anda, masih bermasalah atau tidak.

Pada dasarnya, membersihkan DNS sama seperti membersihkan cache. Anda hanya menghapus alamat DNS yang tersimpan pada perangkat PC. Melalui cara ini, PC akan meminta alamat DNS baru (yang benar) dari server.

Jika status jaringan masih no internet access, lanjutkan ke langkah selanjutnya

  1. Masuk ke Network and Sharing Center.
  2. Klik Change adapter options.
  3. Pilih jaringan Wi-Fi yang bermasalah dan buka informasinya.
  1. Setelah itu, pilih Properties.
  2. Cari dan klik Internet Protocol version 4 (TCP/IPv4) kemudian klik Properties.
  3. Tandai pada bagian Use the following DNS-Server.
  4. Setelah itu, masukkan kode Preferred DNS server: 8.8.8.8 dan Alternate DNS server: 8.8.4.4
  1. Setelah itu klik OK, dan cek status koneksi Anda.

Cara 8. Cek tagihan Wi-Fi

Ini merupakan cara final. Jika tidak ditemukan masalah pada perangkat, router, atau jaringan maka mungkin pihak ISP menutup akses Anda karena belum membayar tagihan. Hubungi ISP yang Anda gunakan untuk masalah ini. (hidupdigital.id)

Info ruanglab lainnya:

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *