Kenali 5 Fungsi Menu Ikon Word yang Sering Digunakan

Kenali 5 Fungsi Menu Ikon Word yang Sering Digunakan – Fungsi menu ikon Word tidak terlalu sulit untuk dipelajari. Microsoft Word adalah software besutan dari Microsoft yang memudahkan seseorang untuk bekerja. Dari awal kemunculannya perangkat lunak ini sudah banyak digunakan hingga saat ini.

Bahkan pengguna Linux dan juga Apple masih menggunakan Microsoft Word sebagai aplikasi yang mudah dijalankan. Kepopulerannya tidak diragukan lagi dengan banyaknya fitur yang tersedia. Meskipun banyak yang masih kebingungan menggunakannya.

Daftar Isi :

Mengenal Menu Halaman di Microsoft Word

Jika membuka halaman pertama dari Word maka akan ditampilkan beberapa menu, icon, dan juga toolbar. Pada bagian paling atas terdapat quick access toolbar dan title bar. Selanjutnya di bagian bawah terdapat menu bar.

Menu bar terdiri dari file, home, insert, page layout, references, mailings, review, dan view. Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Di bawah menu bar terdapar ribbon tool atau toolbar yang merupakan turunan dari menu bar.

Selain itu di sebuah halaman Microsoft Word juga terdapat ruler (penggaris), scroll bar, page status, zoom menu, dan juga lembar kerja berupa kertas putih.

Fungsi Menu Ikon Word

Perlu dipahami bahwa masing-masing seri Microsoft Word akan mempunyai tampilan yang berbeda. Mulai dari Word 2013, 2015, 2017, dan hingga yang terbaru. Meskipun memang semua fitur dan fungsi yang dibutuhkan masih tetap sama atau diupgrade.

1. Menu Ikon File

Ikon ini berada pada bagian kiri atas, dan jika di klik akan menampilkan berbagai macam perintah. Tujuan dari menu file ini adalah untuk mengorganisasikan file yang dimaksud. Mulai dari menyimpan, membuka, menutup, mengirim, dan lain sebagainya.

  • Save : menyimpan dokumen yang sedang dikerjakan
  • Save as : menyimpan kembali dokumen dengan nama baru
  • Open : membuka dokumen yang sudah ada
  • Close : menutup dokumen yang sedang dibuka
  • Info : menampilkan info tentang dokumen yang dikerjakan
  • Recent : menampilkan informasi file Word yang terakhir dibuka
  • New : membuat lembar kerja Word yang baru
  • Print : mencetak dokumen yang sedang dibuka
  • Save and send : menyimpan dan langsung mengirim ke alamat email yang diinginkan
  • Help : bantuan kesulitan di dalam penggunaan Word
  • Option : menu untuk penyesuaian dokumen
  • Exit : keluar dari Word

2. Menu Ikon Home

Menu Home fungsinya untuk melakukan editing umum pada dokumen. Misalnya saja memindahkan, menggandakan, mengganti format huruf, Selain itu juga pengguna dapat mengatur terkait style, paragraph, dan mengakses tools editing lainnya.

  • Clipboard yang terdiri dari paste, cut, copy, fungsinya untuk memotong, menggandakan, dan juga memasukkan teks yang dipotong tadi ke dalam dokumen.
  • Font : untuk mengatur jenis, besaran, cetak tebal, cetak miring, warna, highlight dari huruf
  • Paragraph : mengatur tingkat kerataan teks, bullets, numbering, dan spasi.
  • Styles : mengatur style yang dipakai dalam sebuah teks atau paragraph
  • Editing : find, replace, select untuk menemukan dan mengganti teks tertentu secara keseluruhan

3. Menu Ikon Insert

Secara keseluruhan fitur Insert berfungsi untuk memasukkan sesuatu ke dalam Word. Baik itu berupa table, foto, gambar, diagram, dan lain sebagainya. Disini juga disediakan berbagai editing untuk menyisipkan simbol.

  • Pages : untuk menyisipkan atau editing halaman cover, menambah halaman, dan memotong halaman.
  • Tables : berfungsi untuk menambahkan tabel di dalam teks
  • Illustrations : menambahkan gambar, clip art, bentuk geometri, table, dan lain sebagainya
  • Links : menambahkan link ke dokumen lainnya
  • Header & Footer : editing bagian atas dan bawah halaman kerja Word
  • Text : menambahkan kotak text, edit text menjadi berbagai macam style
  • Symbols : menambahkan berbagai macam simbol

4. Menu Ikon Page Layout

Page layout digunakan untuk tata letak dari halaman kerja. Misalnya saja mengatur tema, ukuran kertas, margin, pemberian tanda air (watermark). Ikon ini juga sangat membantu dalam proses editing.

  • Themes : menentukan template atau style halaman yang digunakan
  • Page Setup : mengatur margin, orientasi halaman, ukuran, pembagian kolom teks
  • Page Background : mengatur halaman belakang dari teks. Misalnya watermark, warna halaman, garis pinggir halaman kertas.
  • Paragraph : mengurangi jarak teks maupun spasi dokumen
  • Arrange : untuk mengatur format tampilan objek di layar kerja

5. Menu Ikon References

Menu ini biasanya agak sulit dipahami bagi pengguna Word pemula. Karena hubungannya dengan penulisan ilmiah dan link untuk membuat daftar isi, halaman, caption, dan lain sebagainya. Akan tetapi menu ini sangat memudahkan bagi pengguna yang mahir.

  • Table of Contents : berfungsi untuk membuat daftar isi
  • Footnotes : digunakan untuk membuat catatan kaki pada karya ilmiah
  • Cititations and Bibliography : untuk membuat istilah asing dan pengertiannya
  • Captions : membuat keterangan pada tabel, gambar secara otomatis
  • Index : menyisipkan daftar kata (index) dalam sebuah tulisan
  • Table of Authorities : mengedit kutipan yang digunakan

Selain itu masih ada menu mailings, review, dan view yang sangat jarang digunakan. Review biasanya dipakai untuk mengedit teks yang sudah ada agar diketahui track record perubahannya. (masdzikry.com)

Info ruanglab lainnya:

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *