Yang Belum Tau Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen untuk Kendaraan Kita, Wajib Baca – Tekanan angin yang tetap dan sesuai ukuran membuat permukaan ban menempel utuh dan mengatur tekanan dari beban yang diangkut sepeda motor. Hal ini yang membuat ban bisa tetap awet dan tidak cepat botak.
Di berbagai tempat salah satunya di pom bensin, kita kerap temui tempat untuk mengisi angin. Kalau ditanya memilih angin biasa atau angin nitrogen, kita sering bingung. Karena itu, Planet Ban memberi penjelasan perbedaan keduanya :
- Baca Juga : Alasan Pelat Kendaraan Indonesia Berganti Desain
Perbedaan Angin Biasa dan Nitrogen
Nitrogen merupakan gas udara yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Meski tanpa kandungan air, nitrogen mempunyai suhu yang lebih dingin, lebih ringan tapi lebih “mengisi” komposisi udara dalam ruang. Dalam hal ini adalah ban motor.
Berbeda dengan angin biasa. Di dalam angin biasa, terdapat kandungan air yang bisa menguap saat suhu sedang panas. Udara dalam tenkanan angin biasa akan berubah menjadi air yang membuat bobot ban menjadi lebih berat. Hal ini yang turut membuat ban sobek akibat terlalu berat menahan beban saat melaju dan pastinya lebih cepat botak.
Kelebihan Mengisi Ban dengan Angin Biasa dan Nitrogen
Untuk menjaga ban motor agar tetap awet dan tidak cepat botak, penggunaan nitrogen bisa menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa keunggulan jika menggunakan nitrogen untuk ban motor:
a. Tekanan angin pada ban menjadi lebih awet dan tahan lama sehingga lebih jarang untuk mengisi angin.
b. Tekanan ban tetap stabil dan daya cengkram di aspal lebih kuat sehingga lebih aman untuk melaju.
c. Ban yang tekanan udaranya lebih ringan, otomatis membuat bobot kendaraan lebi ringan sehingga mampu menghemat konsumsi bahan bakar
d. Mencegah kelebihan beban yang mengakibatkan ban menjadi sobek dan pecah
e. Minimnya kandungan air dari nitrogen membuat velg terhindar dari karat
Untuk mencapai kualitas yang maksimal, sebaiknya dilakukan pengurasan angin dalam ban sebelum diisi penuh dengan nitrogen.(otomotif.okezone.com)
Info ruanglab lainnya:
- Hindari Kebiasaan Mengisi Bensin Hingga ‘Luber’
- Mengenal Fungsi Busi Motor dan Cara Kerja
- Ternyata Ini Bedanya SPBU Pertamina Warna Biru dan SPBU Pertamina Warna Merah
- Motor Listrik Dan Komponen Penyusunnya
- Apa Itu Lift Axle atau Retractable Axle?
- Tahukah Anda, 1 Liter Bahan Bakar yang Terbakar Menghasilkan 2kg Lebih Karbon Dioksida